CATATAN DARI PROGRAM SAKURA SCIENCE EXCHANGE PROGRAM

Saga City, Kyushu Japan 2023

Tim Unsri terdiri dari 2 mahasiswa Teknik Kimia FT Unsri Rizky Hidayat dan Sabina Adralvi, dibimbing oleh 1 orang Dosen Dr. Leily Nurul Komariah mendapat kesempatan mengikuti Sakura Science Exchange Program tahun 2023. Pada kesempatan ini yang menjadi Host University adalah Department of Chemistry, Faculty of Science and Engineering Saga University Japan, tepatnya konentrasi kegiatan di Tominaga laboratory.  Seluruh kegiatan dibawah arahan dan supervisi Profesor Masato Tominaga.

SSP adalah program dari Japan Science Technology Agency yang memfasilitasi pertemuan mahasiswa, pelajar, akademisi, peneliti dan atau praktisi, dari berbagai negara untuk berbagi pengalaman dalam bidang sains dan teknologi. Program SSP juga bertujuan untuk membangun interaksi dan pergaulan internasional bersama orang-orang muda Jepang.

Program SSP 2023 terserbut berlangsung tgl 5 sd 11 November 2023, berisi berbagai kegiatan meliputi reasearch internship terkait electrochemistry. Peserta SSP juga secara khusus mendapat short courses terkait Synthesis Nano Fiber Carbon Film, diperkenalkan tentang pengembangan riset terkait Microbial Fuel Cell dan mempelajari berbagai unit dan sistem peralatan penelitian studi material maju dan elekrokimia.

Selain melaksanakan aktivitas penelitiian dan pembelajaran di Laboratorum dan Kampus Saga University,  mahasiswa dan Dosen TK Unsri dilibatkan dalam berbagai kegiatan luar kampus mengunjungi beberapa tempat prefecture, mitra kerjasama Saga University dalam hilirisasi riset, ecotourism dan kultur Jepang di wilayah Saga.

RIzky dan Sabina juga berkesempatan berdiskusi dengan sejumlah mahasiswa program S1 dan S2 asal jepang dan mahasiswa Indonesia yang sedang studi lanjut, S2, S3 dan post-doc di Saga University. Mahasiswa mendapatkan banyak pencerahan terkait sistem belajar, pola aktivitas, budaya, tips and trick beasiswa studi lanjut, dan cara bekerja di Jepang secara umum.

Mahasiswa dan Dosen peserta SSP juga berinteraksi langsung dengan mahasiswa Jepang, memperkenalkan aktivitas mahasiswa di masing-masing kampus, budaya daerah masing-masing dan menjalin pertemanan bahkan menjajaki kesempatan untuk kembali saling berkunjung dalam waktu mendatang.

Menjelang akhir program setiap peserta SSP dan peneliti/mahasiwa di Laboratory melaksanakan seminar menyampaikan progress pembelajaran yang diterima selama program, menyajikan aktivitas riset sebelumnya dan rencana lanjut kedepan. Pada akhir kegiatan peserta SSP secara resmi menerima sertifikat program dan secara resmi bergabung sebagai alumnee SSP. Selain bonus telah dibangunnya jejaring yang kuat baik antara kolega peneliti maupun dengan sesama mahasiswa.

Dr. Leily Nurul Komariah juga secara informal mewakili Pimpinan Jurusan TK melanjutkan pembicaraan rintisan kerjasama lantara TK Unsri terkait yang sebelumnya telah diprogramkan Pimpinan Jurusan untuk membentuk berbagai kolaborasi internasional seperti Adjuct Proffessor, Reseacrh Collaboratoion, Student Mobility, Class Colaboration dll. Pada tahun 2024, telah dijadwalkan kunjungan Professor Masato Tominaga ke Universitas Sriwijaya untuk menindaklanjuti rencana tersebut.

Meksipun berlangsung relatif singkat, namun Program SSP merupakan kelanjutan sekaligus jembatan untuk mengembangkan kerjasama internasional yang lebih produktif, relevan dan strategik, slaing menguntung untuk Teknik Kimia Unsri dan Saga University.

Seputar Saga City

Terletak di barat laut Kyushu, Saga menawarkan banyak keindahan alam, sejarah, dan seni. Kota ini terkenal karena merupakan tempat lahirnya keramik di Jepang, terutama kota gerabah bersejarah Karatsu, Arita, dan Imari, dan sudah dipengaruhi oleh budaya Tiongkok dan Korea.

Saga pernah menjadi pusat utama Jepang dalam hal teknologi revolusioner, seperti pengobatan dan persenjataan barat. Menara utama Museum Sejarah Istana Saga adalah rekonstruksi kayu terbesar di Jepang

Hampir setiap tahun, pada sekitar awal November, di Kota Saga rutin diselenggarakan Festival Balon Udara Internasional Saga  yang terkenal di kancah internasional dan diadakan di tepi Sungai Kasegawa. Festival ini diikuti berbagai tim dari seluruh dunia untuk berkompetisi dalam pertunjukan balon udara yang spektakuler. Sejauh ini Saga Baloon Festival adalah salah satu acara olahraga langit terbesar di Asia, dan hanya berlangsung di kota Saga, Japan.

Di dalam negeri Jepang, ada penerbangan langsung dari bandara Haneda dan Narita di Tokyo ke Saga. Dari luar negeri Saga dapat dijangkau melalui penerbangQN langsung  seperti dari Seoul, Hongkong dan Shanghai. Pilihan mudah lainnya adalah terbang ke Fukuoka, lalu naik kereta ekspres atau bus menuju kota Saga.