INFO PELAKSANAAN KP

PEDOMAN BARU KERJA PRAKTEK [ BERLAKU DESEMBER 2017 DST- TERUS DALAM PENGEMBANGAN]

MEKANISME USULAN KERJA PRAKTEK (TERBARU) :

  1. MENGISI FORMULIR USULAN KP (FKP-01) LALU MELAPOR KEPADA KOORDINATOR KP TENTANG USULAN KP (BERISI RENCANA TUJUAN KP & JADWAL PELAKSANAAN DLL) FKP-01 Form usulan KP dari mhswa ke koordinator
  2. MENYUSUN PROPOSAL KP DENGAN FORMAT DAN KONTEN YANG DISETUJUI KOORDINATOR. LEMBAR PENGESAHAN PROPOSAL HENDAKNYA SESUAI FORMAT/CONTOH TERBARU. FKP-04 contoh Format Proposal KP PERTAMINA RU IV
  3. MENGAJUKAN SURAT PENGANTAR DARI KAJUR UNTUK KE INDUSTRI FKP-07 Template Surat Pengantar KP ke Industri versi 2017
  4. BERKAS USUL KP KE INDUSTRI TERDIRI DARI : SURAT PENGANTAR KAJUR, PROPOSAL (DIJILID LAMINATING+SPIRAL), VERSI SOFTFILE MASING2 BERKAS, PLUS BIODATA MAHASISWA PENGUSUL FKP-03 FORM BIODATA MAHASISWA PENGUSUL KP
  5. SETIAP PESERTA WAJIB MENYERAHKAN 1 COPY  BERKAS SURAT PENGANTAR, PROPOSAL DLL, KEPADA STAF ADMINISTRASI MASING-MASING KAMPUS, SERTA MEMILIKI SELAIN 1 RANGKAP (MINIMAL) SEBAGAI ARSIP. BERKAS TSB DIPERLUKAN SEBAGAI BUKTI SEWAKTU MENGAJUKAN SEMINAR KP.
  6. PROPOSAL KP HARUS  SUDAH SIAP SELAMBATNYA 3 (TIGA) BULAN SEBELUM USULAN JADWAL KP DIRENCANAKAN. AGAR DAPAT MEMBERI WAKTU BAGI INDUSTRI MENGALOKASIKAN JADWAL (PERMINTAAN YANG TERBURU-BURU/MENDESAK TIDAK AKAN DILAYANI, DEMI MENJAGA NAMA DAN HUBUNGAN BAIK DENGAN PIHAK INDUSTRI
  7. PROPOSAL & BERKAS SURAT  DAPAT DIANTARKAN LANGUNG OLEH PESERTA YBS ATAU DAPAT DIKOORDINIR MELALUI KOORDINATOR KP DAN AKSES LAIN TETAPI HARUS TERDATA OLEH KOORDINATOR (DILAPORKAN) RIWAYAT PENGIRIMAN, PENERIMAAN DAN PROSES KOMUNIKASI DENGAN PIHAK PERUSAHAAN YANG DITUJU.
  8. SELAMA PROPOSAL DI PROSES, PESERTA DIHARAP MELAKUKAN PEMANTAUAN/MONITORING UNTUK MEMPEROLEH TANGGAPAN/RESPON DARI PIHAK INDUSTRI
  9. PENERIMAAN DARI PIHAK INDUSTRI (HARUS SECARA TERTULIS) DAN WAJIB DILAPORKAN KEPADA KOORDINATOR KP DAN SALINAN DISERAHKAN KEPADA STAF ADMINISTRASI JURUSAN UNTUK PROSES LANJUT.

MEKANISME SETELAH USULAN KP DI TERIMA PIHAK INDUSTRI:

  1. MAHASISWA MELAPOR KEPADA KOORDINATOR DENGAN MENYERAHKAN DOKUMEN RESMI/SURAT BALASAN DARI PIHAK PENERIMA KP.
  2. MAHASISWA DAPAT MENGAJUKAN NAMA PEMBIMBING KP KEPADA KOORDINATOR KP UNTUK PROSES PRE TEST DAN PENETAPAN TUGAS KHUSUS. LIHAT PENGUMUMAN RESMI KOORDINATOR KP (WEBSITE/DITEMPEL)
  3. STAF ADMINISTRASI MEMPROSES SURAT PENGANTAR KAJUR  (SEMENTARA) UNTUK PEMBIMBING KP. MAHASISWA DAPAT MEMBAWA SURAT TERSEBUT PADA SAAT BERKONSULTASI DENGAN PEMBIMBING KP. FKP-05 Template Surat Penugasan Pembimbing KP dari Kajur versi 2017
  4. MAHASISWA HARUS BERKOMUNIKASI DENGAN PEMBIMBING DENGAN AGENDA SBB;

5. PELAKSANAAN PRE-TEST KERJA PRAKTEK DILAKSANKAAN OLEH PEMBIMBING/KOORDINATOR KP PADA WAKTU SELAMBATNYA 10 (SEPULUH) HARI SEBELUM JADWAL PELAKSANAAN KP.

6. MATERI PRE-TEST ADALAH HAL-HAL YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEGIATAN KP, MELIPUTI

  • PENGETAHUAN PROSES YANG TERJADI PADA INDUSTRI SECARA UMUM
  • ISTILLAH/TERMINOLOGI PENTING  YANG BERHUBUNGAN DENGAN PROSES TERKAIT
  • DASAR ILMU TEKNIK YANG DIPERLUKAN
  • RENCANA KEGIATAN DI LAPANGAN/JADWAL
  • PROSEDUR STANDAR KEAMANAN DAN KESELAMATAN
  • ETIKA DAN KEDISIPLINAN
7. MAHASISWA YANG LOLOS PRE-TEST/PEMBEKALAN  AKAN MENERIMA MEMO DARI PEMBIMBING/KOORDINATOR UNTUK BERHAK DILANJUTKAN PADA TAHAP PENGURUSAN SURAT IZIN KP DARI KETUA JURUSAN. FORMAT SURAT KETERANGAN/BERITA ACARA PRE-TEST DAN SURAT IZIN KP DAPAT DI DOWNLOAD DISINI.
8. BILA MAHASISWA BELUM LULUS PRE-TEST (SOCRE MINIMAL 60), MAKA MAHASISWA BERHAK MENGAJUKAN TEST ULANG. MAKSIMAL 2X REMEDIAL. BILA SETELAH 3X TEST MAHASISWA DINYATAKAN GAGAL, MAKA YANG BERSANGKUTAN TIDAK DIIZINKAN MENGIKUTI KP PADA PERIODE YANG TERSEBUT DAN HARUS MENGULANG PROSEDUR USULAN DARI AWAL, BAIK PADA PERUSAHAAN YANG BERBEDA.
PEMBERKASAN UNTUK MEMPEROLEH SURAT IZIN KP DARI DEKAN/KETUA JURUSAN
CHECKLIST 
  1.  surat balasan dari perusahaan/ industrI
  2.  surat keterangan lulus pretest dari pembimbing/koordinator
  3.  salinan proposal KP
  4.  surat rekomendasi tugas khusus dr pembimbing
  5.  biodata peserta (per kelompok) dan fotocopy KSM
  6.  print out transkrip nilai terakhir masing-masing mahasiswa
  7. Fotokopi KSM yg mencantumkan matakuliah KP dan telah disetujui dosen PA *
  8. menandatangani pernyataan pakta etika dan kedisiplinan selama KP
untuk proses approval oleh Pimpinan Jurusan, berkas dibuat 2 rangkap harap masukkan dlm map plastik transparan (1 map per group) setelah lengkap diserahkan kepada Staf Administrasi (1 berkas menjadi arsip JTK, 1 arsip akan dikembalikan kepada mahasiswa pengusul)
PELAKASANAAN KP :
Setiap memulai pelaksanaan KP setiap mahasiwa wajib membawa berkas administrasi lengkap untuk ditunjukkan kepada pihak industri berkas yang dimaksud adalah :
1. surat izin KP dari dekan/ketua jurusan
2. salinan surat balasan dr industri (sbg pegangan)
3. surat rekomendasi tugas khusus dr pembimbing
4. blangko penilaian dr pembimbing lapangan
5. blangko Logbook harian kegiatan KP (bila perusahaan tidak menyediakan format khusus)
6. biodata peserta KP dan KSM

 

SYARAT SEMINAR KP

  1. KSM yang mencantumkan Kerja Praktek ditandatangani Dosen PA
  2. Surat tanda selesai KP dari Perusahaan/Industri
  3. Surat Rekomendasi Pembimbing KP
  4. Hasil Penilaian dari Pembimbing Lapangan di Industri (dalam angka 0-4)
  5. Copy Logbook/Catatan Harian Kegiatan KP (di ttd pembimbing lapangan)
  6. Draft Laporan KP sesuai format (siap rangkap 5 dalam Map Jepit warna Biru)- (menyusul, minimal H-2 pelaksanaan KP)
  7. Draft Artikel Ilmiah : Tugas Khusus KP sesuai format JTK (menyusul, minimal H-2 pelaksanaan seminar)

Berkas harap dilengkapi dan diserahkan  kepada staf Admnistrasi Jurusan pada jadwal yang ditentukan. 

 

INFORMASI LANJUT :

KOORDINATOR KP 1  : DR. SUSILA ARITA RACHMAN, DEA

KOORDINATOR KP 2  : ASYENI MIFTAHUL JANNAH, MSi