KURIKULUM PRODI TEKNIK KIMIA UPDATE (PASCA PROVISIONAL ACCREDITATION IABEE 2023)

SK Rektor Revisi Dokumen Kurikulum JTK Tahun 2021 (Perbaikan Supplement/Silabus)

STRUKTUR KURIKULUM

SEJARAH PENERAPAN KURIKULUM JTK FT UNSRI

 

SILAHKAN UNDUH;

1. DOKUMEN KURIKULUM TEKNIK KIMIA TAHUN 2014

SK-Dokumen-Kurikulum 2014

2. DOKUMEN KURIKULUM TEKNIK KIMIA TAHUN 2018

[8] SK & Kurikulum 2018 PSTK

3. DOKUMEN KURIKULUM REVISI TEKNIK KIMIA TAHUN 2019

JTK2019-Dokumen Kurikulum JTK Revisi Tahun 2019

4. DOKUMEN KURIKULUM REVISI SUPLEMEN (SILABUS)

 

 

KURIKULUM JTK TERBARU

 

SEJARAH PENINJAUAN KURIKULUM

PENINJAUAN KURIKULUM YANG TERAKHIR DILAKUKAN (SK REKTOR UNSRI NO. 0016/UN.9/SN.LP3MP.BD/2018 telah dilaksanakan pada periode Desember 2018 (akhir semester Ganjil 2018/2019) sampai Februari 2019. Sebagai luaran telah dilakukan Revisi Kurikulum 2018 dalam bentuk Dokumen Lampiran namun tidak merubah struktur Kurikulum sebelumnya.

Dalam Dokumen Kurikulum (Revisi 2019)  ditekankan formalisasi rumusan Profil Profesional Mandiri dan Capaian Pembelajaran

Profil Profesional Mandiri Program Studi Teknik Kimia Universitas Sriwijaya merupakan gambaran kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh lulusan setelah lima tahun menyelesaikan studi:

  1. Memiliki profesi dan karir yang berkembang dengan menerapkan logika keteknikan berbasis teknik kimia yang menjunjung tinggi etika profesi, keselamatan, kesehatan kerja dan kelestarian lingkungan.
  2. Menjadi pribadi yang percaya diri, dapat dipercaya sebagai pemimpin ataupun anggota tim kerja yang efektif.
  3. Memiliki peningkatan dalam pengetahuan, kompetensi, keahlian dan jejaring di bidang pendidikan, penelitian, rekayasa, usaha, maupun bidang-bidang lainnya, melalui studi lanjut, sertifikasi atau pelatihan dan aktif terlibat dalam pengembangan usaha dan profesinya.

Profil lulusan Jurusan Teknik Kimia FT Unsri (adalah kemampuan yang dimiliki lulusan pada saat menyelesaikan studi di JTK FT Unsri), yaitu

Lulusan mampu menerapkan pengetahuan bidang teknik kimia untuk menyelesaikan masalah teknik dan industri, memanfaatkan sumber daya alam lokal dan nasional, terutama sumber daya energi, mendesain dan melaksanakan riset bidang teknik kimia, melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat, mandiri, memiliki pola pikir kritis, bersikap kreatif, inovatif, komunikatif, dan kolaboratif dengan memperhatikan aspek ekonomi, sosial, kelestarian lingkungan, kemajuan ilmu pengetahuan, serta menjunjung tinggi etika profesi.

Capaian Pembelajaran Prodi Teknik Kimia adalah;

CPL 1  : Mampu menunjukkan sikap dan prilaku sebagai umat yang taat beragama dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara berdasarkan Pancasila
CPL 2  : Menguasai pengetahuan sains alam, material dan aplikasi matematika teknik untuk memahami secara keseluruhan prinsip-prinsip keteknikan.
CPL 3  : Menguasai prinsip dan teknik perancangan proses dan sistem pemrosesan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang memiliki nilai tambah secara ekonomi, dengan memperhatikan issue terkini dalam aspek lingkungan, keselamatan dan keberlanjutan untuk memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
CPL 4  : Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa pada proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang memiliki nilai tambah.
CPL5   : Mampu menemukan sumber, merumuskan dan menyelesaikan permasalahan teknik kimia melalui proses penyelidikan, interpretasi dan/atau analisis data/informasi.
CPL 6  : Mampu dan terampil menerapkan berbagai metode dengan menggunakan perangkat teknologi informasi dan komputer serta piranti teknik yang modern dalam melakukan rekayasa proses dan operasi teknik kimia.
CPL 7  : Mampu berkomunikasi secara efektif baik secara lisan maupun tulisan
CPL8   : Mampu mengorganisir kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan/supervisi dan evaluasi, terhadap pekerjaan yang ditugaskan atau berada dalam tanggung jawabnya.
CPL 9  : Mampu bekerjasama dalam kelompok yang bersifat multidisiplin, lintas budaya dari beragam latar belakang, baik sebagai pemimpin maupun anggota kelompok
CPL 10: Mampu bertanggung jawab dan memiliki etika profesional dalam komunitas dan masyarakat umum.
CPL 11: Mampu mengembangkan diri dengan belajar terus menerus dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara mandiri, kritis, kreatif dan inovatif.