Pada hari Jumat tanggal 18 Juni 2021, Jurusan Teknik Kimia FT Unsri mengadakan Lokakarya Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Teknik Kimia (PSTK) dan Program Studi Magister Teknik Kimia (PSMTK) secara daring melalui portal zoom. Lokakarya ini merupakan rangkaian dari acara workshop dan lokakarya Visi, Misi, dan Tujuan Fakultas Teknik Unsri (17-18 Juni 2021). Peserta lokakarya adalah dosen PSTK dan PSMTK, stake holder dari berbagai industri dan juga alumni PSTK maupun PSMTK. Diantara perwakilan stakeholder sekaligus juga merupakan alumni PSTK dan PSMTK yang hadir adalah Roni Alwis, ST (PT TEL), Ir. Syarif Usman, MBA, MH, CRMP, QIA, IP (PT. Pusri), Yuri Dariansyah, S.T., M.T (PT. Bhumi Jepara Service), Noveriansyah, S.T., M.T (PDAM Tirta Musi Palembang), M. Rico Ghozali, S.T., M.T (PT. Perkebunan Nusantara VII), M. Zulkarnaen, S.T., M.T (PT. Pertamina Hulu Energi), dan Surahman, S.T., M.T (PT. Pertamina Subholding Upstream).

Diskusi hangat membahas draft visi, misi, dan tujuan dari PSTK dan PSMTK berlangsung selama lebih kurang 3 jam (09.40-11.40). Masukan membangun disampaikan oleh perwakilan stakeholder dan alumni, yang tentunya akan memperkaya dan mempertajam visi, misi, dan tujuan PSTK dan PSMTK. Beberapa masukan yang disampaikan antara lain adalah menambahkan frasa yang mendukung pembangunan berkelanjutan pada visi, menambahkan skala unggul ke dalam kategori nasional, regional asean atau internasional, serta perlunya penekanan pada attitude dan softskill. Selain memberikan masukan tentang visi, misi, dan tujuan, para peserta lokakarya juga bersepakat bahwa kedepannya akan dijalin komunikasi yang lebih intens mengingat perlunya Kerjasama terutama dibidang penelitian. Salah satu peluang yang dapat diraih PSTK dan PSMTK adalah adanya tawaran dari PT.TEL melalui Bapak Roni Alwis, ST untuk menjalin kerjasama bidang penelitian. Usulan untuk membangun program studi Safety Engineering juga sempat dicetuskan oleh Bapak M. Zulkarnaen, S.T., M.T (PT. Pertamina Hulu Energi), yang kemudian disambut baik oleh alumni dan dosen PSTK dan PSMTK.

Diskusi dan sharing informasi tentunya diharapkan tidak berbatas pada lokakarya ini semata, tetapi akan terus terjalin baik melalui daring, luring, maupun media sosial.

Salam hangat dan semangat.